Heboh!!! Kuburan berdarah di balikpapan ramai jadi tontonan warga

Kuburan "berdarah" rupanya membuat warga Kota Minyak penasaran. Kemarin (8/10), mereka ramai-ramai mengunjungi lokasi kuburan “berdarah” di Pemakaman Muslim Gunung Bahagia.

Fakta Bukan -
Heboh!!!  Kuburan berdarah di balikpapan ramai jadi tontonan warga
Kuburan "berdarah" rupanya membuat warga Kota Minyak penasaran. Kemarin (8/10), mereka ramai-ramai mengunjungi lokasi kuburan “berdarah” di Pemakaman Muslim Gunung Bahagia. Kepada media ini, mereka mengaku penasaran dan ingin memastikan kebenaran berita yang dua hari belakangan beredar.

Seperti dikatakan pengunjung, Dwi kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group), dia mengaku menyempatkan diri mampir ke Pemakaman Muslim Gunung Bahagia sekaligus menengok makam keluarganya. “Iya saya sengaja ke sini, sekalian melihat makam keluarga juga. Ternyata memang bukan makam keluarga saya,” ujar dia.

Ria, yang juga mengunjungi makam yang sudah tiga hari lebih mengeluarkan cairan merah mirip darah ini mengaku sengaja berkunjung lantaran penasaran dengan berita yang dia peroleh lewat media sosial. “Saya mau pastikan saja kebenarannya, eh sudah ditimbun,” kata perempuan berkerudung ini.

Dikonfirmasi terpisah, petugas penjaga makam Haidir mengaku, pihaknya yang menimbun lubang di mana cairan merah keluar. “Iya dapat perintah dari atasan untuk ditutup tadi pagi (kemarin, Red),” katanya kepada Kaltim Post.

Laki-laki yang sudah tujuh tahun menjadi penjaga Pemakaman Muslim Gunung Bahagia ini mengaku kejadian serupa sudah beberapa kali terjadi. Hanya saja memang tidak seheboh saat ini.

Dari pengalamannya, warna merah yang timbul akibat getah yang berasal dari nisan yang terbuat dari kayu ulin. Bahkan, dikatakan dia, sempat ada warga yang mencelupkan tangannya untuk memastikan apakah cairan itu benar darah. “Tadi sebelum ditimbun ada yang celupkan tangannya, dan dicium ternyata tidak ada itu bukan bau darah,” terang dia.

Diberitakan sebelumnya, salah satu penjaga Pemakaman Muslim Gunung Bahagia Ruslan, dibuat kaget tiga hari yang lalu. Salah satu makam yang ada mengeluarkan cairan berwarna merah kental yang mirip darah. Dia menambahkan, selain mengeluarkan cairan berwarna merah dan kental, cairan juga menyebarkan aroma amis khas darah. Terutama ketika usai turun hujan.

Ditemui Kaltim Post di pemakaman yang tak jauh dari perumahan BDS II ini, Ruslan mengaku sebelum mengeluarkan cairan merah darah, makam tersebut, terlebih dahulu mengeluarkan cairan berwarna kuning sekitar seminggu yang lalu.

Sementara, Dosen Geologi STT Migas Balikpapan, Muhammad Aditya menerangkan, secara geologi wilayah BDS masuk dalam formasi kampung baru. Di mana pada formasi itu terdiri dari dua batuan dominan. Yang pertama batu pasir kampung baru dengan ciri pasir kuarsa dengan butirannya yang lepas. Batu lempung kampung baru dengan ciri berwarna cokelat-kekuningan dan memiliki ciri yang sangat khusus yaitu swelling alias mengembang ketika terkena air.

“Nah dari situ disimpulkan kenapa pada saat hari penguburan fluida darah tidak langsung mengalir ke ke atas dikarenakan kemungkinan terakumulasi di lapisan yang impermeable. Yaitu material dari batu lempung formasi Kampung Baru,” ujar dia kepada Kaltim Post.

Selain itu, dia menambahkan kondisi kuburan di daerah BDS berada pada slope (kemiringan lereng) yang cukup tinggi. Sehingga berpotensi adanya pergerakan tanah, baik di permukaan yang terlihat secara kasat mata maupun di bawah permukaan yang tidak terlihat oleh mata.

Sehingga, diteruskan dia, hasil proses dari akumulasi dari fluida darah di lapisan impermeabel tadi berpotensi leak alias bocor pada saat terjadinya hujan pada beberapa hari terakhir. Yang menyebabkan fluida yang awalnya terakumulasi secara baik dan terawetkan dengan baik, karena sifat clay yang menutupi fluida darah telah membungkus secara baik selama tidak mengalami pencemaran oleh H2O.

Akhirnya menjadi bocor diakibatkan air meteorik (air hujan) yang menembus lapisan clay dan membuat lapisan tersebut yang awalnya memiliki permeability tight (ketat) menjadi sangat baik. Akibat dari proses swelling clay (mengembang). Sedangkan lapisan di atas clay tersebut hanya tanah lepas yang sangat permeabel (mudah ditembus) sehingga menyebabkan fluida tersebut leak dan terakumulasi di permukaan sebagai manifestasi yang kasat mata. "Tapi ini baru hipotesis awal. Perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah memang itu darah," tutupnya.

Disclaimer : Sebagian atau seluruh artikel, gambar, video, berita dan sebagainya yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. Sebagian atau seluruhnya itu bersumber dari blog maupun website lain atau sumber lainnya. Jika ada yang keberatan untuk ditampilkan artikel, gambar, video, berita dan sebagainya di blog ini, agar disampaikan kepada kami melalui kontak form disini yang selanjutnya akan dihapus dari blog ini. Terima kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Name

alam,7,artis,4,bola,7,cerita,18,game,2,Info,4,komputer,9,menarik,17,nasa,3,peristiwa,49,sosial media,15,teknologi,5,unik,16,
ltr
item
Fakta Bukan: Heboh!!! Kuburan berdarah di balikpapan ramai jadi tontonan warga
Heboh!!! Kuburan berdarah di balikpapan ramai jadi tontonan warga
Kuburan "berdarah" rupanya membuat warga Kota Minyak penasaran. Kemarin (8/10), mereka ramai-ramai mengunjungi lokasi kuburan “berdarah” di Pemakaman Muslim Gunung Bahagia.
https://3.bp.blogspot.com/-p5ArtWstIms/WeX8Dt31yNI/AAAAAAAADtM/V2-eQTT7gQ8agy-CMq5GkWOIiB6B3YWBACLcBGAs/s640/kuburan-berdarah-ramai-jadi-tontonan-warga_c_161679.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-p5ArtWstIms/WeX8Dt31yNI/AAAAAAAADtM/V2-eQTT7gQ8agy-CMq5GkWOIiB6B3YWBACLcBGAs/s72-c/kuburan-berdarah-ramai-jadi-tontonan-warga_c_161679.jpeg
Fakta Bukan
http://www.faktabukan.com/2017/10/heboh-kuburan-berdarah-di-balikpapan.html
http://www.faktabukan.com/
http://www.faktabukan.com/
http://www.faktabukan.com/2017/10/heboh-kuburan-berdarah-di-balikpapan.html
true
4306167870888399159
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy